Font Size

Profile

Layout

Cpanel

Tips Jaga Kondisi Tubuh, Saat Banyak Begadang Nonton Euro


Begadang merupakan hal yang lumrah bahkan bisa disebut sebagai aktivitas sehari-hari, karena pada siang hari sibuk dengan perkerjaan offline sedangkan saat malam seringkali masih harus menyelesikan pekerjaan tambahan ataupun melaksanakan kegiatan lainnya. Ditambah lagi sekarang lagi musim piala Eropa bisa dipastikan kita akan sering melek daripada meremnya. Sering kita berusaha membuat mata tetap bersahabat untuk menunggu jadwal pertandingan tim favorit kita. Dampak dari kurang tidur adalah terganggunya produktivitas, karena tubuh menjadi tidak bugar dan otak sulit berkonsentrasi. Namun jika diantisipasi dengan cara yang benar, gangguan tersebut seharusnya bisa diminimalisir.
Sedikit tips agar tubuh tetap bugar walau kita begadang semalaman, tapi alngkah baiknya jika kegiatan begadang bisa dikurangi.
1.     Tidur siang yang cukup
Saat merencanakan untuk bergadang pada malam hari, tidur siang yang cukup harus dimasukkan agenda hari sebelumnya.
Masalahnya, hal itu tidak bisa dilakukan ketika sibuk dengan pekerjaan pada siang harinya. Cara menyiasatinya, tidurlah selama 12 jam pada malam sebelumnya. Atau jika pertandingan dimulai tengah malam, tidurlah lebih awal lalu bangun beberapa saat menjelang kick-off dimulai. Pastikan waktu istirahat tidak kurang dari 7-8 jam dalam sehari.
2.    Pilih makanan ringan yang sehat
Supaya tidak merasa mengantuk saat bergadang, hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Pilih buah-buahan, sayur atau salad sebagai cemilan sehat. Tidak hanya mencegah rasa kantuk, makanan tersebut menjamin kebutuhan energi sehingga tidak kelelahan saat tidak tidur semalaman. Sambal atau saus pedas boleh ditambahkan, sekedar untuk menghindari rasa kantuk.

3.    Banyaklah mengkonsumsi vitamin c. Vitamin C banyak ditemukan di buah Jeruk. Anda juga dapat meminum multivitamin atau minuman yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C akan sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C adalah vitamin yang terkenal dengan kemampuan anti-oksidan.

4.    Lakukan aktivitas fisik
Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Olahraga membuat tubuh lebih terjaga, sehingga tidak merasa mengantuk. Karena itu jika mulai menguap saat menonton bola, manfaatkan jeda waktu 15 menit sebelum babak kedua untuk berjalan kaki ke luar ruangan.
Sebab selain aktivitas fisik, udara segar juga sangat membantu dalam menjaga tubuh tetap merasa bugar. Jika masih mengantuk, push up 50 kali atau sprint sejauh 100 meter dijamin bisa membuat tubuh kembali bugar.

5.    Minum kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi maupun minuman berenergi memang bukan solusi alami untuk membuat tubuh tetap terjaga, karena memanipulasi kerja sistem organ. Namun selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam.
Usahakan tidak sampai menyebabkan kecanduan, dan sebaiknya baru diminum ketika rasa kantuk benar-benar tidak tertahankan dan tips lainnya sudah tidak mempan untuk mengatasinya.


Comments   

 
0 #1 mengganti nama 2015-10-15 06:17
This design is steller! You most certainly know how to keep a reader entertained.

Between your wit and your videos, I was almost moved to start
my own blog (well, almost...HaHa!) Wonderful job.
I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it.
Too cool!
http://pilihbaik.blogspot.co.id
Quote
 

Non Facebooker..?? Tulis Komentar disini


Security code
Refresh

You are here: Home Artikel Kesehatan Tips Jaga Kondisi Tubuh, Saat Banyak Begadang Nonton Euro

 

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA KUPANG

Jalan SK. Lerik - Kupang - NTT

Telpon : (0380)825769
Fax      : (0380)825730

Email   :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Atau dengan mengisi Form Contact

Klik Disini