Warta Dinkes

Badan Penyantun Puskesmas sebagai media pelibatan masyarakat dalam mendukung Puskesmas

Written by | Senin, 13 Mei 2013 09:14
Rate this item
(0 votes)

Jonas Salean Jonas Salean Mediantt.Com

Selama ini pelibatan masyarakat dalam kegiatan kesehatan di tingkat Puskesmas belum berjalan dengan baik, hal ini disebabkan karena selama ini masyarakat merasa Puskesmas adalah milik pemerintah dan segala kegiatan di Puskesmas adalah tanggungjawab pemerintah, masayarakat hanya sebatas sebagai pengguna layanan, rasa kepemilikan terhadap Puskesmas oleh masyarakat belum tumbuh.  Padahal masyarakt memilik potensi yang sangat besar untuk membantu Puskesmas bila dapat digerakan dengan baik. Menyadari hal itu maka dalam kegiatan Reformasi Puskesmas, masyarakat didorong untuk terlibat dalam  pengembangan Puskesmas lewat Badan Penyantun Puskesmas (BPP).

Hingga saat ini telah ada empat BPP di empat kecamatan dari enam kecamatan yang ada, yakni BPP kecamatan Kota Raja untuk Puskesmas Bakunase, BPP Kecamatan Kota Lama untuk Puskesmas Pasir Panjang, BPP Kecamatan Maulafa untuk Puskesmas Sikumana dan BPP Kecamatan Alak untuk Puskesmas Alak. Pengurus BPP terdiri dari anggota masyarakat yang peduli tentang kesehatan di wilayah kerja Puskesmas. Anggota BPP bekerja secara suka rela untuk memberikan masukan untuk perbaikan layanan di Puskesmas serta membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi Puskesmas. Dengan adanya BPP Puskesmas tidak sendiri lagi menghadapi permasalahan kesehatan di wilayahnya, demikian juga dengan masyarakat yang bisa terlibat aktif dalam kegiatan di Puskesmas lewat BPP.

Proses pembentukan BPP diawali dengan sosialisasi tentang apa itu BPP, peran dan fungsinya serta program kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas dalam mendukung Revolusi KIA di NTT. Setelah itu dilakukan pemilihan pengurus BPP berdasarkan struktur kepengurusan yang disepakati bersama oleh peserta. Pada hari berikutnya peserta yang telah terpilih menjadi anggota BPP akan diberikan penguatan untuk menyusun Visi, Misi dan rencana kerja selama satu tahun kedepan. Penyusunan rencana kerja ini didasarkan pada survey pengaduan masyarakat yang telah dilakukan oleh Puskesmas. BPP juga dibekali dengan pengtahuan tentang bagaimana menggalang dana dari sektor swasta lewat Corporate Social Responsibility (CSR). BPP yang telah terbentuk akan terlibat aktif dalam kegiatan di Puskesmas seperti mengikuti mini lokakarya bulanan dan lokakarya lintas sektor tiga bulanan yang diadakan secara rutin oleh Puskesmas.

Puskesmas Bakunase dan Puskesmas Pasir Panjang yang telah lebih dahulu membentuk BPP dan telah banyak merasakan bantuan dari BPP antara lain, bantuan BPP dalam mencari dana untuk perbaikan infrastruktur di Puskesmas Bakunase, seperti perbaikan jalan, lampu jalan, perbaiakan lingkungan Puskesmas agar lebih nyaman, hingga penyediaan Satpam, selain itu memobilisasi masyarakat untuk kegiatan Puskesmas juga dilakukan oleh BPP kecamatan Kota Raja. Sedangkan di Puskesmas Pasir Panjang BPP banyak berperan dalam pencarian dana lewat CSR untuk meningkatkan kenyamanan pengguna layanan di Puskesmas, hingga mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas, selain itu BPP Kota Raja juga berperan dalam mobilisasi masyarakat untuk mendukung kegiatan Puskesmas. 

BPP Kecamatan Maulafa dan Kecamatan Alak baru saja dibentuk dan BPP Kecamatan Alak telah dikukuhkan oleh Camat dan telah mendapat SK, sedangkan BPP Kecamatan Alak sedang dalam proses penyusunan SK dan akan segera dikukuhkan dalam waktu dekat. Diharapkan kedua BPP ini juga akan dapat berperan  dalam mendukung kegiatan Puskesmas seperti BPP dari dua Kecamatan yang telah lebih dahulu berdiri.       

Zainal Asikin - Mentor Reformasi Puskesmas

Read 2393 times Last modified on Sabtu, 28 Oktober 2017 20:54
Andre Logo

Staff SubBag Perencanaan, Evaluasi & Pelaporan Dinkes Kota Kupang

www.dinkes-kotakupang.web.id

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Mitra Dinkes

Situs Pemerintah Kota Kupang - NTT
Situs Resmi Pemerintah Kota Kupang - NTT
Bappeda Kota Kupang
Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang
Puskesmas Pasir Panjang
Melayani dengan CERIA: Cepat,Empati, Ramah, Inovatif & Akurat
Puskesmas Kupang Kota
Profil & Kegiatan Puskesmas Kupang Kota
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
SIKDA NTT
Website Resmi SIKDA NTT

Feedback

james faot
Sabtu, 01 September 2012 lalu, Kami mengundang Dinkes Kota Kupang sebagai salah satu na...
Bungsu
mantaappzz....!!!
crew perencanaan dinkeskot,,kereennzzz... (siapa dulu bosnya,, k len tu pasti, xixixi...