Warta Dinkes

Belajar ke Puskesmas Alak

Written by | Jumat, 26 April 2013 14:54
Rate this item
(0 votes)

Belajar ke Puskesmas Alak

Jumat 26/04 rombongan tim Community Engagement (CE) – AIPMNH didampingi District Program Coordinator Kota Kupang melakukan kunjungan belajar ke Puskesmas Alak kota Kupang. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat replikasi kegiatan Reformasi Puskesmas yang dilakukan oleh Puskesmas Alak tanpa dukungan dana dari AIPMNH. Rombongan tim CE terdiri dari Technical Advisor Hadi Wibawa dan John Ire, dari Kota Kupang,  Nugroho DPC Kota Kupang dan mentor Reformasi Puskesmas serta Desa Siaga, serta para mentor dari kabupaten Belu, Sumba Barat dan Sumba Timur.

Rombongan diterima kepala Puskesmas  dr. Trio Hardhina dan saat diskusi dengan kepala Puskesmas para peserta menanyakan kiat-kait yang  dalam menjalankan  kegiatan Reformasi Puskesmas. Setelah diskusi itu  dilanjutkan  kunjungan keliling  untuk melihat inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Alak. Hal menarik yang bisa menjadi inspirasi Puskesmas lain adalah bagaimana kepemimpinan yang kuat dari Kepala Puskesmas untuk mempengaruhi semua staf untuk melakukan Reformasi di Puskesmas Alak.  Pertama yang dilakukan oleh dr. Trio untuk me-Reformasi Puskesmas-nya adalah mengatur ruangan agar efektif dan efisien untuk pelayanan, sehingga semua ruangan yang ada di Puskesmas bisa digunakan secara optimal dan efisien untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna layanan.

Selanjutnya bersama seluruh staf menyusun uraian tugas setiap profesi yang ada serta standar pelayanan untuk semua pelayanan yang ada dan semua dokumen yang ada dipajang disetiap Poli dan ruangan untuk memastikan pelayanan yang diberikan sesuai standar pelayanan. Masukan dari pengguna layanan juga diterima dengan menyediakan Kota Pengaduan lengkap dengan kertas dan alat tulis bagi pengguna layanan yang ingin mengajukan pengaduan. Inovasi lain yang menarik adalah dipisahkannya Poli Umum untuk laki-laki dan perempuan serta layanan untuk mereka yang Lansia (45 tahun keatas) disediakan loket tersendiri sehingga tidak perlu antri dengan pasien yang lain dan Pasien Lansia tidak harus lewat Loket pendaftaran, tetapi langsung ke Poli Lansia. Hal ini sangat membantu para pasien Lansia untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Untuk Poli Anak juga didisian  Ramah Anak, dimana ada tempat untuk anak-anak bermain sambil menunggu pelayanan.

Puskesmas Alak juga dengan mengembangkan rumah tunggu dengan memanfaatkan bangunan Kantor Lurah yang tidak digunakan lagi, rumah tunggu ini sangat membantu keluarga pasien terutama yang rumahnya jauh dari Puskesmas atau yang sedang menjaga keluarganya yang rawat inap. Saat ini rumah tunggu ini masih dikelola oleh Puskesmas, namun kedepan setelah Badan Penyantun Puskesmas (BPP) terbentuk, pengelolaan Rumah tunggu akan diserahkan ke BPP untuk mengelolanya.

Zainal Asikin - Mentor Puskesmas Reformasi 

Read 2232 times Last modified on Selasa, 24 Oktober 2017 18:07
Andre Logo

Staff SubBag Perencanaan, Evaluasi & Pelaporan Dinkes Kota Kupang

www.dinkes-kotakupang.web.id

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Mitra Dinkes

Situs Pemerintah Kota Kupang - NTT
Situs Resmi Pemerintah Kota Kupang - NTT
Bappeda Kota Kupang
Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang
Puskesmas Pasir Panjang
Melayani dengan CERIA: Cepat,Empati, Ramah, Inovatif & Akurat
Puskesmas Kupang Kota
Profil & Kegiatan Puskesmas Kupang Kota
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
SIKDA NTT
Website Resmi SIKDA NTT

Feedback

james faot
Sabtu, 01 September 2012 lalu, Kami mengundang Dinkes Kota Kupang sebagai salah satu na...
Bungsu
mantaappzz....!!!
crew perencanaan dinkeskot,,kereennzzz... (siapa dulu bosnya,, k len tu pasti, xixixi...