Warta Dinkes

Dinas Kesehatan Kota Kupang Laksanakan Kampanye Imunisasi MR

Written by | Kamis, 26 Juli 2018 13:58
Rate this item
(0 votes)

Dinas Kesehatan Kota Kupang Laksanakan Kampanye Imunisasi MR

Mendukung pelaksanaan program Pemerintah Pusat mengenai imunisasi Measles Rubella (MR) yang akan digelar pada bulan Agustus-September 2018 nanti, maka Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas Se-Kota Kupang gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan menyangkut manfaat Imunisasi MR.

Sosialisasi kali ini ditujukan kepada para camat, lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung selama tiga hari di Hotel Naka Kupang, dan berakhir, Jumat (13/07/18).

Dalam kegiatan ini disampaikan oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan, sosialisasi seperti ini perlu dilakukan, mengingat kegiatan imunisasi nantinya bersifat massal dan akan melibatkan banyak orang. Apalagi sasarannya cukup besar yaitu sebanyak 100 ribu lebih anak yang akan di imunisasi.

“Kami ingin program ini bisa berjalan dengan sukses, sehingga semua unsur pemerintahan di tingkat bawah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh muda terlibat dalam kegiatan sosialisasi sebelum kegiatan Imunisasi MR digelar,” katanya.

Sebagai tambahan disampaikan juga bahwa Gejala campak dimulai dengan demam tinggi, anak tampak sakit berat, disertai batuk dan pilek, bisa ditemui muntah dan mencret. Gejala lanjutannya adalah dengan munculnya ruam kemerahan dimulai dari wajah lalu ke seluruh tubuh. Kemudian mata terlihat kemerahan dan berair, serta bibir pecah pecah. Pada anak tertentu saat mengalami demam tinggi akan mencetuskan kejang. Setelah demam turun, bercak berubah menjadi coklat kehitaman dan akan menghilang beberapa hari sampai minggu sesudahnya. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi pada paru dan otak. Dan tak jarang, radang paru menyebabkan kematian. Virus ini sangat menular sehingga menimbulkan wabah.

Sedangkan Gejala rubella dimulai dengan demam ringan, anak terlihat sakit ringan yang diikuti dengan munculnya ruam kemerahan yang dimulai dari wajah dan meluas ke seluruh tubuh. Jika diraba di leher bagian belakang, terasa ada pembesaran kelenjar getah bening. Biasanya setelah 3 hari demam turun tanpa meninggalkan bercak kecokelatan. Anak cepat pulih dan nafsu makan membaik. Virus ini jarang menimbulkan komplikasi. Komplikasi justru timbul apabila virus menyerang wanita hamil. Janin pada ibu tersebut akan mengalami gejala berat.

Menurutnya, perlunya imunisasi MR ini bagi anak-anak Indonesia khususnya di Kota Kupang, agar dapat mencegah penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung, dan retaldasi mental yang disebabkan adanya infeksi Rubella pada saat kehamilan.

"Kasus Rubella menyebar secara luas di Indonesia yakni kurang lebih 90 persen dan upaya pencegahannya hanya melalui imunisasi dan kekebalan setelah imunisasi seumur hidup,” katanya.

Pertemuan ini diharapkan dapat mensosialisasikan, mendapat dukungan dan mengkoordinasikan kegiatan kampanye dan rubella mulai dari pencegahan hingga penanganannya, sehingga para peserta diharapkan dapat mengikuti dengan baik dan serius kegiatan ini guna kembali mensosialisasikannya kepada masyarakat dimanapun domain kita. Untuk itu, dikatakannya upaya dukungan Pemerintah Kota Kupang akan program Pemerintah Pusat dalam melakukan imunisasi massal MR ini, dibutukan kerjasama dan dukungan lintas sektor, organisasi masyarakat, organisasi agama, organisasi profesi dan media.

“Sesuai jumlah sasaran kampanye imunisasi MR di Kota Kupang tahun 2018 sebanyak 109,791 sasaran dengan usia 9 bulan sampai 15 tahun. Jumlah pos-pos imunisasi MR sebanyak 766 pos, yang nantinya dalam pelaksanaan kampanye imunisasi MR akan dimonitoring oleh pemimpin wilayah setempat,” katanya.

 

Read 309 times Last modified on Jumat, 27 Juli 2018 14:06
Andre Logo

Staff SubBag Perencanaan, Evaluasi & Pelaporan Dinkes Kota Kupang

www.dinkes-kotakupang.web.id

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Mitra Dinkes

Situs Pemerintah Kota Kupang - NTT
Situs Resmi Pemerintah Kota Kupang - NTT
Bappeda Kota Kupang
Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang
Puskesmas Pasir Panjang
Melayani dengan CERIA: Cepat,Empati, Ramah, Inovatif & Akurat
Puskesmas Kupang Kota
Profil & Kegiatan Puskesmas Kupang Kota
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
SIKDA NTT
Website Resmi SIKDA NTT

Feedback

james faot
Sabtu, 01 September 2012 lalu, Kami mengundang Dinkes Kota Kupang sebagai salah satu na...
Bungsu
mantaappzz....!!!
crew perencanaan dinkeskot,,kereennzzz... (siapa dulu bosnya,, k len tu pasti, xixixi...