Warta Dinkes

Pelaksanaan Rakontek DAK Bidang Kesehatan Tahun 2013 Dengan Warna Baru

Written by | Minggu, 01 Juli 2012 12:42
Rate this item
(0 votes)

Pelaksanaan Rakontek DAK Bidang Kesehatan Tahun 2013 Dengan Warna Baru

Jakarta, 28 Juni 2012 Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Dana Alokasi Khusus (Rakontek DAK) Bidang Kesehatan selama 3 (tiga) hari bertempat di Merlynn Park Hotel. Rakontek DAK Bidang Kesehatan Tahun 2013 ini dilaksanakan untuk komunikasi antara pusat dan daerah dengan mekanisme desk yang membahas data teknis dan usulan kegiatan sebagai bahan untuk pengalokasian DAK Bidang Kesehatan Tahun 2013.

Kegiatan Rakontek DAK ini merupakan kegiatan Gelombang ke III, dimana kegiatan serupa telah dilaksanakan sejak tanggal 21 Juni yang lalu dimana peserta penerima DAK dari seluruh Indonesia dibagi menjadi 3 Gelombang dengan sistem pembagian wilayah. Peserta dari kegiatan Rakontek DAK ini terdiri dari utusan dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit dari Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Kegiatan Rakontek DAk ini diawali dengan Laporan Panitia oleh Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran, drg. Tini Suryanti Suhandi, M.Kes yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Pengalokasian Dana Alokasi Khusus Tahun 2013 oleh perwakilan dari Kemenkeu.

Setelah paparan dari Kemenkeu dilanjutkan dengan Kebijakan DAK Bidang Kesehatan Tahun 2013 yang dibawakan oleh drg. Tini Suryanti Suhandi, M.Kes. Dalam paparan para narasumber, berkali-kali mereka tekankan bahwa peserta penerima DAK harus memiliki pemahaman bahwa DAK merupakan dana yang diberikan kepada daerah hanya merupakan pendampingan dalam mendukung pembangunan kesehatan di daerah. Dalam Rakontek DAK ini 3 (tiga) Subbidang melakukan desk dalam 1 (satu) kegiatan. Beberapa ruang lingkup DAK yang menjadi acuan bagi peserta dalam melakukan perencanaan dapat diuaraikan sebagai berikut :
A.    Subbidang Pelayanan Kesehatan Dasar

Pemenuhan sarana, prasarana dan peralatan di Puskesmas dan jaringannya :

  1. Pembangunan Puskesmas Pembantu/Puskesmas di DTPK/Puskesmas Perawatan Mamppu PONED/Instalasi Pengolahan Limbah Puskesmas/Pembangunan Poskesdes/Posbindu
  2. Peningkatan Puskesmas menjadi Puskesmas Perawatan di DTPK
  3. Rehabilitasi Puskesmas/Rumah Dinas Dokter/Dokter Gigi/Paramedis (Kopel)
  4. Penyediaan Sarana dan Prasarana Penyehatan Lingkungan/Pengadaan UKBM Kit

B.    Subbidang Pelayanan Kefarmasian

  1. Penyediaan Obat dan Perbekalan Kesehatan
  2. Pembangunan Baru, Rehabilitasi Instalasi Farmasi Kab/Kota dan sarana pendukungnya
  3. Pembangunan Baru Instalasi Farmasi gugus kepulauan/satelit dan sarana pendukungnya

C.    Subbidang Pelayanan Kesehatan Rujukan

  1. Pemenuhan sarana, prasarana dan peralatan di RSUD
  2. Pengadaan Sarana Prasarana RS Siap PONEK
  3. Penyediaan Fasilitas Tempat Tidur (TT) Kelas III RS
  4. Pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah (IPL) RS
  5. Pemenuhan Peralatan UTD di RS/BDRS
  6. Penyediaan Sarana dan Prasarana ICU dan IGD

Menu DAK di atas sejalan dengan arah kebijakan DAK Bidang Kesehatan Tahun 2013 yakni meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dalam rangka percepatan pencapaian target MDGs yang difokuskan pada penurunan angka kematian ibu, bayi dan anak, penanggulangan masalah gizi serta pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan terutama untuk pelayanan kesehatan penduduk miskin dan penduduk di daerah di daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan kepulauan (DTPK) dan daerah bermasalah kesehatan (DBK), dengan dukungan penyediaan jaminan persalinan dan jaminan kesehatan di pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, peningkatan sarana prasarana pelayanan kesehatan dasar dan rujukan termasuk kelas III Rumah Sakit, penyediaan dan pengelolaan obat, perbekalan kesehatan dan vaksin yang berkhasiat, aman, bermutu dan bermanfaat dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan 2014.

Peserta dari beberapa provinsi di wilayah Indonesia Timur dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan Provinsi masing-masing. Setiap provinsi didampingi oleh 3 (tiga) orang petugas desk dari Kementerian Kesehatan RI mewakili 3 subbidang. Melalui kegiatan Rakontek DAK yang menggunakan metode desk yang baru ini diharpkan dapat mempercepat proses pengalokasian DAK, penetapan Juknis DAK dan penyerapan DAK Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2013.

 

Read 6937 times Last modified on Sabtu, 28 Oktober 2017 20:29
Debby Riwu

Staff SubBag Perencanaan, Evaluasi & Pelaporan Dinkes Kota Kupang

debbysetyanti@gmail.com

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Mitra Dinkes

Situs Pemerintah Kota Kupang - NTT
Situs Resmi Pemerintah Kota Kupang - NTT
Bappeda Kota Kupang
Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang
Puskesmas Pasir Panjang
Melayani dengan CERIA: Cepat,Empati, Ramah, Inovatif & Akurat
Puskesmas Kupang Kota
Profil & Kegiatan Puskesmas Kupang Kota
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
SIKDA NTT
Website Resmi SIKDA NTT

Feedback

james faot
Sabtu, 01 September 2012 lalu, Kami mengundang Dinkes Kota Kupang sebagai salah satu na...
Bungsu
mantaappzz....!!!
crew perencanaan dinkeskot,,kereennzzz... (siapa dulu bosnya,, k len tu pasti, xixixi...