Warta Dinkes

Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 Tk. Kota Kupang

Written by | Senin, 27 November 2017 11:05
Rate this item
(0 votes)

Perayaan HKN 2017 Perayaan HKN 2017

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Pada HKN tahun 2017, Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kota Kupang lebih memfokuskan pada kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui serangkaian acara yang dilaksanakan sejak Oktober 2017.

Pelaksanaan HKN ke-53 Tahun 2017 dilaksanakan dalam rangka mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat. Melalui dua program ini, Dinas Kesehatan Kota Kupang berharap dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demi menciptakan masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.  

Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Kota Kupang yang juga menjadi Ketua Umum Peringatan HKN ke-53, Sri Wahyuningsih mengatakan keistimewaan HKN tahun ini adalah lebih fokus kepada Germas untuk mewujudkan Indonesia sehat keluarga sehat. Penyelenggaraan HKN kali ini lebih menekankan pada edukasi gaya hidup sehat di tingkat keluarga. Setiap keluarga harus sudah menerapkan perilaku hidup sehat. Apabila Setiap keluarga sehat maka Indonesai sehat. Ini mengarah pada Indonesia sejahtera. Pelaksanaan Germas kepada tiga fokus, aktivitas fisik, makan buah, sayur, dan ikan, dan cek kesehatan.

Perayaan Kegiatan HKN Ke 53 Dinas Kesehatan kota Kupang telah dimulai sejak Sabtu, 11 November 2017, di Arena Car Free Day Kota Kupang bertempat di Jl. Eltari yang dimeriahkan dengan acaran Jalan Sehat, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Olahraga Bersama, Promosi Makanan Sehat, Pelaksanaan Senam dan Tarian Daerah Massal, hingga penarikan undian berhadiah bagi seluruh peserta yang hadir. Pembukaan Kegiatan di lakukan secara langsung oleh Walikota Kupang, Dr. Jefirtson Riwu Kore,MM. Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh tenaga kesehatan di Kota Kupang, OPD dan stake holder terkait, perwakilan masyarakat serta seluruh masyarakat yang hadir dalam arena CFD. Perayaan HKN dilakukan di arena terbuka sekaligus mempromosikan GERMAS Bagi seluruh masyarakat Kota Kupang saat itu.

Selain itu, pada puncak Perayaan HKN, Minggu (12/11/2017) dilaksanakan Jamuan Makan Malam bersama Di Grand Mutiara Ballroom-Kupang. Dalam sambutannya Walikota Kupang menyampaikan berbagai program dan terobosan di bidang pelayanan kesehatan yang akan dilakukan selama masa kepemimpinannya, selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Kesehatan bukan hanya urusan Dinas Kesehatan Kota Kupang tapi menjadi urusan semua kalangan untuk berperilaku hidup sehat.

Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kota Kupang juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia yang sehat dapat diwujudkan melalui keluarga yang sehat yang dapat membentuk masyarakat yang sehat.

Gallery Foto Perayaan HKN

Read 43 times Last modified on Senin, 27 November 2017 12:05
Andre Logo

Staff SubBag Perencanaan, Evaluasi & Pelaporan Dinkes Kota Kupang

www.dinkes-kotakupang.web.id

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Mitra Dinkes

Situs Pemerintah Kota Kupang - NTT
Situs Resmi Pemerintah Kota Kupang - NTT
Bappeda Kota Kupang
Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang
Puskesmas Pasir Panjang
Melayani dengan CERIA: Cepat,Empati, Ramah, Inovatif & Akurat
Puskesmas Kupang Kota
Profil & Kegiatan Puskesmas Kupang Kota
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
SIKDA NTT
Website Resmi SIKDA NTT

Feedback

james faot
Sabtu, 01 September 2012 lalu, Kami mengundang Dinkes Kota Kupang sebagai salah satu na...
Bungsu
mantaappzz....!!!
crew perencanaan dinkeskot,,kereennzzz... (siapa dulu bosnya,, k len tu pasti, xixixi...