Font Size

Profile

Layout

Cpanel

Profil Puskesmas Bakunase

Puskesmas adalah Unit Pelaksana Teknis Kesehatan Kota yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Puskesmas berperan menyelenggarakan Upaya Kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat yang optimal (Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas 2006).
Meskipun pembangunan kesehatan telah dilaksanakan lebih dari tiga dasawarsa, namun permasalahan kesehatan masih dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Kota Kupang. Tingginya angka kesakitan dan kematian menunjukkan belum optimalnya kinerja pembangunan kesehatan . Masalah lain adalah minimnya akses terhadap air bersih, rendahnya rumah yang memenuhi syarat kesehatan, rendahnya status gizi, rendahnya cakupan Imunisasi serta rendahnya partisipasi masyarakat dalam mendukung program-program upaya kesehatan.
Pelaksanaan pembangunan kesehatan yang belum optimal disebabkan berbagai hambatan antara lain karena faktor teknis, geografis, sosial budaya dan masih kurangnya dukungan lintas sektor . Saat ini masih dirasakan bahwa kesehatan belum menjadi main stream (arus utama) dalam pembangunan sehingga seringkali pembangunan sektor lain berdampak negatif terhadap kesehatan. (Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas 2006).
Upaya Kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas terdiri dari

  1. Upaya kesehatan Wajib, merupakan upaya kesehatan yang dilaksanakan oleh seluruh puskesmas di Indonesia, yang termasuk dalam upaya kesehatan adalah : Promosi Kesehatan, Kesehatan Ibu dan Anak , Keluarga Berencana, Perbaikan Gizi Masyarakat , Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular dan Pengobatan.
  2. Upaya Kesehatan Pengembangan, merupakan upaya kesehatan yang ditetapkan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di masyarakat setempat serta disesuaikan dengan kemampuan Puskesmas.

Upaya Kesehatan Pengembangan yang dilaksanakan di Puskesmas Bakunase adalah :
a.)    Upaya Kesehatan sekolah/UKS
b.)    Upaya Kesehatan Kerja/UKK
c.)    Upaya Kesehatan Gigi dan mulut/UKGM/UKGS
d.)    Upaya Kesehatan Jiwa
e.)    Upaya Kesehatan Mata
f.)     Upaya Kesehatan Usia lanjut
g.)    Perawatan Kesehatan Masyarakat/PERKt. 2ESMAS
Adapun upaya Laboratorium sederhana dan upaya pencatatan –pelaporan juga dilaksanakan di Puskesmas Bakunase sebagai pelayanan penunjang dari setiap Upaya Kesehatan Wajib dan Upaya-Upaya Kesehatan Pengembangan.
Penyelenggaraan pembangunan kesehatan di Kota Kupang, khususnya di wilayah kerja Puskesmas memiliki sistem, program dan organisasi tersendiri sesuai prioritas masalah yang ada serta mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :



1.    Tugas Pokok
Puskesmas mempunyai tugas pokok sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disuatu wilayah tertentu (Pedoman Penilaian Kinerja Puskesmas-2006)
2.    Fungsi
Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Puskesmas Bakunase mempunyai fungsi:
a.)     Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan
b.)     Pusat Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat
c.)     Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pratama
Upaya Kesehatan Pengembangan yang dilaksanakan di Puskesmas Bakunase adalah :
a.) Upaya Kesehatan Sekolah /UKS
b.) Upaya Kesehatan Kerja/UKK
c.) Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut
3.    Visi Pembangunan Kesehatan Masyarakat di wilayah Puskesmas Bakunase tidak terpisahkan dari visi Pembangunan Kesehatan Kota Kupang
Pembangunan kesehatan rakyat kota Kupang dirancang mengarah ke visi harapan jangka panjang, yaitu ”Menjadi Institusi Penggerak Pembangunan Kesehatan Guna Terwujudnya Masyarakat Yang Sehat Dan Mandiri Melalui Pelayanan Kesehatan Komprehensif Dan Profesional”. (Renstra Pembangunan Kesehatan Kota Kupang 2007-2012)



4.    Misi Pembangunan Kesehatan mewujudkan Visi Pembangunan Kesehatan Masyarakat di wilayah Puskesmas Bakunase
Dengan mempertimbangkan semua hal tersebut, maka untuk mewujudkan visi ”Menjadi Institusi Penggerak Pembangunan Kesehatan Guna Terwujudnya Masyarakat Yang Sehat Dan Mandiri Melalui Pelayanan Kesehatan Komprehensif Dan Profesional”, ditetapkan Misi Pembangunan Kesehatan Kota Kupang dengan Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis periode waktu 2007– 2012, yaitu :

  • Peningkatan kinerja institusi kesehatan kota dan unit pelaksana kesehatan kota, baik milik pemerintah maupun swasta serta peningkatan kemampuan menanggulangi berbagai masalah kesehatan.
  • Peningkatan kemitraan pelayanan kesehatan secara lintas sektor, LSM dan masyarakat, dalam melaksanakan pembangunan berwawasan kesehatan.
  • Peningkatan derajat kesehatan sebagai wujud hak asazi dan investasi pembangunan Kota Kupang dengan Puskesmas sebagai Unit Pelaksana kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau ( Lap. Tahunan DINKES Kota Kupang 2007).

Puskesmas bakunase merupakan bagian dari Kota Kupang yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Tahun 1996, tanggal 25 April 1996, dengan batas-batasnya sebagai berikut:

  • Sebelah Utara    : Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Sikumana
  • Sebelah Selatan    : Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Naioni
  • Sebelah Barat    : Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Kupang Kota
  • Sebelah Timur    : Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Oebobo.

Luas wilayah kerja puskesmas Bakunase adalah 488 Km² dan terdiri dari 6 kelurahan.

You are here: Home UPTD Puskesmas Bakunase

 

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA KUPANG

Jalan SK. Lerik - Kupang - NTT

Telpon : (0380)825769
Fax      : (0380)825730

Email   :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Atau dengan mengisi Form Contact

Klik Disini