Font Size

Profile

Layout

Cpanel

Review SOP. Mekanisme Pengaduan dan Pengembangan Etika pelayanan staff Pusk Bakunase

Kegiatan dilaksanakan selama satu hari yakni pada 23 Mei 2012 di Pustu Airnona Kecamatan Kota Raja yang dimulai pada jam 11:00 wita hingga 16:30 wita. Kegiatan diawali dengan pengantar dari Mentor yang bertindak sebagai MC. Selanjutnya kegiatan pembukaan berupa pengarahan dari drg. Shinta Ndaumanu selaku Kepala Puskesmas Bakunase dan kegiatan ini di Fasililtasi oleh Fasilitator Rini  Muskanan.

 

Presentasi pertama disampaikan oleh Kepala Puskesmas tentang jalannya kegiatan Reformasi Puskesmas, serta kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dari kegiatan Reformasi Puskesmas. Kepala Puskesmas juga menyampaikan pelaksanaan Uraian Tugas, Etika Pelayanan dan mekanisme Penanganan Pengaduan. Hasil dari lokakarya SDM sebelumnya belum berjalan optimal untuk itu perlu dilakukan review dan nantinya akan dikuatkan dengan SK Kepala Puskesmas sehingga bisa dijalankan dengan baik oleh para staf yang nantinya akan berimbas pada peningkatan pelayanan.

 

Kepala Puskesmas kemudian memberikan contoh beberapa uraian tugas, etika pelayanan serta prosedur penanganan pengaduan yang mesti mendapat perhatian dari peserta lokakarya untuk memberikan masukan atau menambahkan yang belum ada atau mengganti yang lain jika dirasa perlu atau selama ini tidak sesuai dengan kondisi di Puskesmas Bakunase.  Selanjutnya Kepala Puskesmas menyampaikan alur kegiatan yang akan dilalui pada lokakarya yang mana hasilnya akan dibuat dalam bentuk SK Kepala Puskesmas.

 

Kegiatan selanjutnya Rini Muskanan selaku Fasilitator Reformasi Puskesmas memfasilitasi kegiatan  review terhadap uraian tugas, etika pelayanan serta prosedur pengaduan yang telah disusun pada lokakarya sebelumnya. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan tiap kelompok memberikan review yang kemudian dipresentasikan untuk mendapatkan masukan dari kelompok yang lain.

 

 

Hasil dari lokakarya tersebut adalah:

ETIKA PELAYANAN PUSKESMAS BAKUNASE:

 

  1. Sikap dan perlakuan pelayanan
  2. Budaya pelayanan
  3. Kepastian prosedur layanan
  4. Penyediaan fasilitas layanan
  5. Cara menangani keluhan (handling complain)
  6. Cara menjawab telpon dari warga pengguna
  7. Menggali aspirasi pelayanan
  8. Penyediaan kotak saran

 

 

 

 

 

 


Non Facebooker..?? Tulis Komentar disini


Security code
Refresh

You are here: Home Warta Dinkes Review SOP. Mekanisme Pengaduan dan Pengembangan Etika pelayanan staff Pusk Bakunase

 

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA KUPANG

Jalan SK. Lerik - Kupang - NTT

Telpon : (0380)825769
Fax      : (0380)825730

Email   :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Atau dengan mengisi Form Contact

Klik Disini