Font Size

Profile

Layout

Cpanel

Reformasi Puskesmas Mendorong Inovasi Pelayanan di Kota Kupang

Program Puskesmas Reformasi yang dilakukan di Kota Kupang mendorong munculnya inovasi – inovasi pelayanan di puskesmas yang menjadi lokasi program,’ demikian Walikota Kupang menyampaikan hal ini pada Pertemuan Koordinasi Kemitraan AIPMNH  ( Provincial Coordination Committee – PCC ) Provinsi NTT di Hotel Sahid Gunawangsa Surabaya pada tanggal 31 Mei 2013.

Inovasi - inovasi tersebut diantaranya adalah pengembangan Puskesmas Pasir Panjang sebagai  Puskesmas Ramah Anak yang mendukung Program Kota Layak Anak di Kota Kupang. Sementara Puskesmas Bakunase sedang dalam proses untuk menuju Puskesmas Ramah Remaja , di Puskesmas Alak muncul inovasi untuk menyediakan Klinik Khusus Laki – Laki sehingga puskesmas ini lebih responsif gender, akses lansia juga dipermudah dalam pelayanan di Puskesmas Alak dimana mereka tidak harus antri di loket tapi bisa langsung dilayani di ruangan khusus bagi lansia.

Ada beberapa dukungan kebijakan dari Pemerintah Kota untuk pelaksanaan program ini , diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adanya RPJMD Kota Kupang 2013 – 2017 yang  berperspektif Gender & Perlindungan Anak 
  • Juknis BOK 2013 memasukan kegiatan Reformasi Puskesmas sebagai paket kegiatan
  • Komitmen Pemkot untuk mendorong dimulainya proses reformasi puskesmas di  Sepuluh Puskesmas di Kota Kupang pada tahun 2014.
  • Rencana Pendekatan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Melalui Call Center

Di Kota Kupang Program Reformasi Puskesmas didukung oleh AIPMNH sejak tahun 2011  dimulai di Puskesmas Bakunase. Pada tahun 2012 program serupa dimulai juga di Puskesmas Pasir Panjang dilanjutkan di Puskesmas Sikumana.  Pada awal tahun 2013 Puskesmas Alak berinisiatif memulai Program ini setelah melihat hasil reformasi puskesmas  yang lain dengan memanfaatkan dana BOK sesuai dengan Juknis yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan

Puskesmas reformasi merupakan kegiatan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas yang berorientasi pada kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna layanan dengan melibatkan para pihak dalam proses pengembangannya.  Perbaikan pelayanan dilakukan  secara komprehensif di internal Puskesmas maupun melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah pelayanan Puskesmas melalui pendekatan multi pihak.

“ Yang direformasi adalah pola pikir, budaya kerja dan sistem menajemen sehingga bermuara pada terwujutnya pelayanan prima di puskesmas, ‘ demikian di tegaskan oleh Walikota Kupang dalam presentasinya. Walikota menyampaikan juga bahwa program reformasi puskesmas mendukung 3 misi RPJMD Kota Kupang 2013-2017 yaitu :

Misi 2 Mewujutkan Sumber Daya Manusia dan Masyarakat Kota Kupang yg Berkualitas
Dengan sasaran pada Peningkatan kualitas SDM yang memiliki tingkat pendidikan dan derajat kesehatan yang tinggi serta berbudaya 

Misi 3 Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik & Penegakan Supremasi Hukum
Penyelenggaraan pemerintah yang baik & bersih sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat disertai dgn penegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia

Misi 5 Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Peningkatan kesejahteraan masyarakat yang memiliki kehidupan layak, terpenuhinya kebutuhan dasar dengan titik berat pada penanggulangan kemiskinan, penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial, pengarusutamaan gender, perlindungan anak serta mitigasi bencana.


Comments   

 
0 #1 obat maag kronis 2014-12-13 02:32
Spot on with this write-up, I really think
this site needs a great deal more attention. I'll probably be back again to read more, thanks
for the information!
Quote
 

Non Facebooker..?? Tulis Komentar disini


Security code
Refresh

You are here: Home Warta Dinkes Reformasi Puskesmas Mendorong Inovasi Pelayanan di Kota Kupang

 

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA KUPANG

Jalan SK. Lerik - Kupang - NTT

Telpon : (0380)825769
Fax      : (0380)825730

Email   :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Atau dengan mengisi Form Contact

Klik Disini